0853-7386-8469 mtsn1tapteng@gmail.com
Semangat Antigaptek

Semangat Antigaptek

Barus (Inmas). Beranjak dari kesadaran bahwa penggunaan teknologi informasi dan komputer yang semakin berkembang dan terus hadir di segala lini, guru TIK MTsN 1 Tapanuli Tengah bertekat menciptakan siswa yang antigaptek. Pembelajaran TIK di MTsN 1 Tapteng  menjadi upaya  menyikapi teknologi  yang kian berkembang dengan melakukan pendampingan dan bimbingan yang tepat  dan terarah. “Teknologi itu bagai mata pisau, runcing dan tajam.  Bisa dipakai untuk hal yang bermanfaat bisa juga untuk hal-hal yang jelek”,  tutur Hendrikus, salah seorang guru TIK. (Jumat, 09/08)

Peran guru sebagai pendamping merupakan hal yang sangat penting sebagai penjaga gawang dan polisi moral bagi peserta didik. Fungsi tersebut membantu menapis pengaruh buruk internet dan media sosial bagi siswa-siswanya. Untuk itu, dengan diberlakukannya Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang perubahan atas peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan  Nomor 24 tahun 2016 tentang kompetensi inti dan kompetensi dasar pelajaran pada kurikulum 2013 pada pendidikan dasar dan  Pendidikan menengah, memberikan semangat bagi guru TIK dalam menjaga gairah pembelajaran teknologi informasi dan komputer saat ini.

WKM Kurikulum, Dahris Arifin, M.Pd, menuturkan bahwa pembelajaran TIK harus memperhatikan  pembelajaran berbasis  teori dan praktik yang tepat. Untuk itu, MTsN 1 Tapteng terus berupaya berbenah memperbaiki sarana dan prasarana sekolah agar dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang efektif. Selain itu, MTsN 1 Tapteng juga terus melakukan evaluasi kegiatan pembelajaran TIK agar mencapai efektivitas dan efesiensi yang baik, sesuai yang diharapkan.  Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Tengah telah lama memasukkan mata pelajaran teknologi informasi dan komputer ke dalam bagian kurikulum. Pembelajaran TIK dikhususkan  pada siang hari, yakni pada pukul 15.00 WIB hingga 17. 00 WIB dengan susunan jadwal yang telah ditentukan. (A.F)

Leave a Reply

Close Menu